Al-Quran, Tentang Tulang Sulbi

Apa keistimewaan tulang sulbi sehingga Allah menyebutnya dalam Al-Qur’an? 

Apa pula rahasia yang terkandung di dalam keajaiban penciptaan tulang sulbi, sehingga tulang ini sudah disebut-sebut oleh Rasulullah SAW sejak lebih dari 1400 tahun lalu? 

Begini:

Menurut ilmu anatomi tubuh manusia, tulang sulbi dikenal dengan sebutan COCCYX. Ini adalah tulang yang terakhir dan terbawah dari susunan tulang vertebra (tulang belakang) yang terletak dibagian pinggul tubuh manusia.

Dari Abu Hurairah ra bahwa Rasululah SAW bersabda:
"Semua bagian tubuh anak Adam akan dimakan tanah, kecualitulang sulbi yang darinya ia diciptakan dan darinya dia akan dibangkitkan." [Riwayat An-Nasai, Abu Daud dan Ibnu Majah]

Berdasarkan hadits di atas dapat disimpulkan bahwa:

  1. Awal kejadian manusia adalah dari tulang sulbi.
  2. Tulang sulbi begitu utuh dan tidak akan hancur.
  3. Manusia akan dibangkitkan pada hari kiamat dari tulang sulbi.

Bagaimana ceritanya kejadian manusia disebut-sebut berasal dari tulang sulbi? 
Ovum yang dibuahi oleh sperma disebut zigot. Pembentukan janin dimulai yaitu dari 1 sel membelah menjadi 2 sel dan selanjutnya setiap sel masing-masing membelah lagi dan lagi. Struktur yang pertama kali dibentuk pada janin manusia pada hari ke 14 setelah pembuahan adalah ujung ekor atau COCCYX.


Selama proses pembentukan janin yang sempurna, ujung ekor ini akan terus memanjang dan menjadi benang dasar (primitive streak) dan lingkungan dasar (notochord).

Kemudian, notochord akan membentuk kepala janin sedangkan primitive streak akan membentuk tubuh janin. Setelah ia membentuk badan dan kepala janin, pita-pita dasar ini akan mundur secara bertahap sampai ia masuk kembali ke ujung ekor (COCCYX).

TULANG SULBI TIDAK AKAN HANCUR 
Seorang ilmuwan Jerman bernama Hans Spemann berhasil membuktikan bahwa sel-sel di dalam COCCYX tidak akan hancur atau musnah. Dalam penelitian yang dilakukannya, ia menggiling tulang COCCYX hingga hancur dan memanaskannya dengan suhu yang sangat tinggi dalam jangka waktu yang lama. Dia kemudian memeriksa sel-sel tulang tersebut dan ternyata masih hidup dan masih utuh seperti biasa[1]

Subhanallah! 
Artinya, kendati seorang manusia telah meninggal dunia dan jasadnya sudah hancur tinggal tulang belulang, tetapi sel-sel dalam tulang COCCYX tetap hidup tidak perduli di mana pun ia disemayamkan, bahkan sampai ribuan tahun kemudian!

MANUSIA DIBANGKITKAN PADA HARI KIAMAT MELALUI TULANG SULBI
Dalam AL-Qur'an disebutkan tentang kebangkitan manusia pada hari kiamat sebagaimana Firman Allah:

"Engkau memasukkan malam ke dalam siang dan Engkau memasukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup" (QS. Ali-Imran[3]:27)

Maka jasad-jasad akan ditumbuhkan buat kali ke dua dari ujung ekor seperti mana ia telah tumbuh untuk pertama kalinya di dalam rahim ibunya.

[Sumber: Islam Menjawab Fitnah]

CATATAN KAKI
[1] Hans Spemann berhasil membuktikan kemampuan sel-sel tulang COCCYX untuk tumbuh kembali. Dia telah memasukkan tulang sulbi yang telah digiling dan dibakar tadi ke dalam embrio-embrio lain. Akibatnya, tulang sulbi tersebut tetap dapat tumbuh dan membentuk janin yang lain. 



Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar