Al-Quran, Sejarah

Abstrak - Al-Qur’an adalah kitab suci berisi wahyu Ilahi yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shallallahu 'Alayhi Wa Salam sebagai pedoman hidup bagi umat manusia. 

Untuk memahami Al-Qur’an diperlukan berbagai ilmu, antara lain adalah Ulum Al-Qur-an

Ilmu ini mencakup berbagai pembahasan yang berhubungan dengan Al-Qur’an dari segi sebab turunnya, pengumpulan dan urutan-ururannya, pengetahuan tentang ayat-ayat makkiyah dan madaniyyah, nasikh dan mansukh dan lain-lain. 

Ulum Al-Qur’an dengan berbagai cabang dan macamnya tidak lahir sekaligus, tetapi melalui proses dan perkembangan yang dapat dibagi ke dalam fase periwayatan dan fase kodifikasi. Sampai saat ini telah lahir puluhan tokoh di bidang Ulum Al-Qur’an. Di antara mereka yang paling masyhur adalah Jalaluddin Al Suyuthi yang menulis kitab Al Itqan fi `Ulumil Qur-an dan Al Zarqany dengan karyanya Al Burhan fi `Ulumil Qur-an. Kedua kitab ini selalu menjadi rujukan dalam kajian-kajian Ulumul Qur-an. ~ Pengantar Ulum Al-Quran, Sejarah dan Perkembangannya

Adapun sedikit catatan terkait Sejarah Al-Quran yang kerap menjadi bahan perbincangan dalam dialog, bahkan perdebatan lintas iman Kristen - Islam di berbagai media, di antaranya adalah sbb:

Baca Juga

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Assalamualaikum
    Dari hasil pengamatan puluhan tahun dalam perdebatan muslim vs umat kristen seperti berputar-putar ditempat saja, kurang signifikan hasilnya bagi umat muslim. Umat muslim seharusnya jeli dan fokus hanya kepada ketuhanan kristen.
    Keyakinan umat Kristen :
    1. Yesus di dunia hanya ada satu orang saja. Kita bisa buktikan berdasarkan PB dan non PB minimal ada 7 sosok bernama Yesus, tetapi berbeda usia, asal usulnya.
    Ketika ditanyakan manusia Yesus yg mana jadi Tuhan anda itu.? Lebih dari 25 tahun tidak ada yg bisa menjawab. Mereka menyembah Tuhan yg tidak dikenal.
    2. Yesus tidak punya dosa. Terlebih dahulu kita tanyakan kpd Kristen SIAPA NAMA DARI BAPA... hrs jawab berdasar ayat pasti mereka tidak bisa jawa. Dg mengacu Yoh 17,:6,11,12,26 Yesus telah berdusta kepada Bapa dan semua umat Kristen.
    Pendusta = Iblis, berarti Yesus adalah Iblis yg menyamar jadi manusia, makanya dia dicobai oleh Iblis.

    3. Apa nama kitab suci Kristen?
    4. Ayub 2 :1-7 memperlihatkan Yhwh adalah Raja Iblis
    5. Roh Kudus adalah Roh Kebenaran dg doktrin, bahwa Roh Kudus yg memberi ilham kepada semua penulis buku Pb, Gereja dan tokoh Gereja dg mengacu poin 1
    kita dapatkan Roh Kudus adalah Roh Pendusta atau Roh Iblis.
    6. Bapa adalah Yhwh atau Elohim maka Bapa adalah Iblis, diperkuat kej 3 dimana Elohim yg berdusta kepada manusia. Juga dosa pertama kali dilakukan oleh Elohim jadi Adam dan Hawa tidak mewariskan dosa.
    Jika anda senang berdiskusi untuk menghancurkan kristen silahkan hubungi mail cucuhade@gmail.com

    BalasHapus