Sejarah Islam


Sejarah Islam adalah sejarah agama Islam mulai turunnya wahyu pertama pada tahun 610 yang diturunkan kepada rasul yang terakhir yaitu Muhammad bin Abdullah di Gua Hira, Arab Saudi sampai dengan sekarang.

Risalah Islam mulai disebarkan oleh Nabi Muhammad SAW di Jazirah Arab pada abad ke-7 sejak beliau menerima wahyu dari Allah. Setelah wafatnya,  negara Islam berkembang hingga Samudra Atlantik di barat dan Asia Tengah di Timur. Hingga umat Islam berpecah dan terdapat banyak negara- negara Islam lain yang muncul.

Secara umum Sejarah Islam setelah wafatnya Nabi Muhammad SAW berkembang secara luas di seluruh dunia. Bani Umayyah, Bani Abbasiyah, dan Kesultanan Utsmaniyah boleh dikatakan penyambung kekuatan Islam setelah pemerintahan Khulafaur Rasyidin.

Namun, kemunculan Negara-Negara Islam, seperti Kekhalifahan Bani Umayyah, Abbasiyyah, Turki Seljuk, dan Kesultanan Utsmaniyah, Kemaharajaan Mughal, India dan Kesultanan Melaka telah menjadi negara yang besar di dunia. Banyak ahli-ahli sains, ahli-ahli filsafat dan sebagainya muncul dari negeri-negeri Islam terutama pada Zaman Emas Islam. Karena banyak kerajaan Islam yang menjadikan dirinya sekolah.

Pada abad ke-18 dan ke-19, banyak kawasan-kawasan Islam jatuh ke tangan Eropa. Dan setelah Perang Dunia I, Kesultanan Utsmaniyah yang merupakan negara Islam terakhir tumbang.

Islam dikenal di Indonesia pada abad pertama Hijriyah atau 7 Masehi, meskipun dalam frekuensi yang tidak terlalu besar, yakni hanya melalui perdagangan dengan para pedagang muslim yang berlayar ke Indonesia untuk singgah untuk beberapa waktu. Pengenalan Islam lebih intensif, khususnya di Semenanjung Melayu dan Nusantara, yang berlangsung beberapa abad kemudian.

Agama islam pertama kali masuk ke Indonesia melalui proses perdagangan, pendidikan dan lain-lain. Sedangkan tokoh-tokoh penyebar agama islam awal di indonesia dikenal sebagai  walisongo yaitu,


Beberapa catatan terkait Sejarah Islam yang tersedia di blog ini adalah sbb:
Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar